Pengecatan Besi Pada Bengkel Las

Pengecatan Besi Pada Bengkel Las - Bengkel Las Depok

Pengecatan adalah tahap akhir dari pembuatan berbagai macam produk di bengkel las. Tahap pengecatan disebut juga tahap finishing yang terakhir, karena setelah dilakukan pengecatan, idealnya akan nampak sebuah produk yang indah dan siap untuk dipasang pada tempatnya.

Namun, tidak selalu setelah dilakukan pengecatan produk akan terlihat semakin indah. Hal ini tergantung dari beberapa hal di bawah ini:

  • Kerapihan pada pengelasan besi
  • Kerapihan pada penggerindaan besi
  • Kerapihan pada pendempulan titik-titik las
  • Kerapihan pada pengecatan

Pada pembahasan artikel kali ini, saya akan menekankan pada point yang ke empat, yaitu kerapihan pada pengecatan.

Di bawah ini  adalah proses pengecatan besi pada bengkel las, diantaranya:

  1. Pengampelasan Besi
    Untuk menghasilkan cat yang halus, diperlukan pengampelasan pada besi untuk menghilangkan kotoran / karat pada besi dan membuat permukaan besi menjadi lebih kasar sehingga cat akan lebih merekat. Pada proses pengampelasan, sebaiknya menggunakan ampelas yang kasar terlebih dahulu, setelah itu baru diikuti dengan menggunakan ampelas yang lebih halus.
  2. Pemberian Lapisan Anti Karat
    Setelah dilakukan pengampelasan, pemberian anti karat merupakan hal yang cukup penting karena hal ini akan sangat berpengaruh kepada daya tahan besi itu sendiri. Usahakan pemberian anti karat menggunakan compressor agar hasil lebih merata dan dapat menjadi dasar cat yang baik. Karena jika menggunakan kuas hasilnya akan terlihat tidak rata sehingga menyebabkan proses finishing menjadi kurang maksimal.
  3. Pemberian Lapisan Cat
    Ini merupakan proses terakhir pada pengecatan besi. Sebelum melakukan proses pengecatan, pastikan semua proses telah dilakukan dengan maksimal. Karena jika proses sebelumnya kurang maksimal dalam pengerjaan, maka bisa jadi proses pelapisan cat tetap tidak dapat mendapatkan hasil yang maksimal meskipun kita sudah berusaha memberikan perlakuan khusus pada proses terakhir. Usahakan pula pemberian lapisan cat menggunakan compressor agar hasil cat merata dan halus.

Untuk proses pelapisan cat pada besi, dapat dilakukan  dua kali atau tiga kali tergantung dari warna cat.

Biasanya jika produk yang dicat berwarna hitam, maka dua kali pelapisan cat saja sudah cukup. Berbeda dengan warna putih, kemungkinan akan butuh perhatian lebih sehingga pelapisan cat bisa sampai tiga kali.

Beberapa warna yang menjadi favorit para konsumen bengkel las kami adalah warna hitam doff dan putih glossy, hampir 75% lebih memilih warna tersebut.

Baik, mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan. Mudah-mudahan artikel tentang pengecatan besi pada bengkel las dapat bermanfaat bagi Anda.

Terimakasih.

 

Pengecatan Besi Pada Bengkel Las

Comments

comments