Kekurangan Kusen UPVC

Kusen UPVC adalah kusen yang terbuat dari bahan PVC dan telah dihilangkan sifat plastiknya melalui suatu proses sehingga menghasilkan karakter material yang kuat. UPVC sendiri merupakan singkatan dari Uplastized Poly Vinyl Chloride.

Kelebihan material  ini adalah ramah terhadap lingkungan karena tidak mengandung plastik, kalaupun kandungannya masih ada itupun dengan prosentase yang sangat sedikit. Material ini juga dapat didaur ulang.

Berawal dari pemasangan teralis jendela minimalis di rumah client kami yang menggunakan kusen UPVC. Kami selalu teliti dalam hal pengukuran terhadap jendela yang akan dipasang teralis, karena perbedaan 1 mm saja akan menjadi masalah. Karena jika ukuran tidak pas, teralis tidak bisa masuk ke dalam jendela atau justru malah kurang sehingga teralis menjadi longgar dan membuat teralis menjadi tidak rapat pada setiap sisi jendela, tentunya hal ini akan terlihat tidak rapi.

Pada hari itu, ada sekitar 29 lembar teralis yang akan dipasang (termasuk teralis yang berukuran kecil). Sekitar 6 teralis perlu kami potong dan las ulang karena tidak bisa masuk ke dalam kusen jendela. Hal ini disebabkan karena ukuran kusen jendela lebih kecil dari teralis yang akan dipasang.

Pada awalnya saya berpikir, mungkin ini adalah kesalahan dari pengukuran. Namun ternyata lebih dari 5 teralis mengalami permasalahan yang sama. Akhirnya saya berpikir kalau sifat kusen UPVC ini dapat memuai maupun menyusut. Mungkin pada saat kami ukur, kondisi sedang memuai dan pada saat kondisi pemasangan, kondisinya sedang menyusut.

Setelah mengalami permasalahan ini saya coba browsing di google.com dan tidak mendapatkan data mengenai kekurangan kusen UPVC.

Mengapa saya dapat berasumsi kalau kusen UPVC mengalami pemuaian dan penyusutan?

Karena pada pemasangan teralis jendela dengan kusen kayu maupun alumunium sebelumnya, saya tidak pernah mengalami kesalahan sampai sebanyak ini.

Baru kali ini saya mengalami pemasangan teralis dengan banyak sekali permasalahan. Sehingga, yang biasanya pemasangan teralis berlangsung selama 2 – 3 jam saja, pada pemasangan kali ini hampir 7 jam pemasangan teralis jendela baru dapat terselesaikan. Namun saya tetap bersyukur semua ini telah dapat terselesaikan meskipun dalam waktu yang cukup lama. Dan saya mendapatkan pelajaran baru untuk pemasangan teralis jendela berikutnya.

Demikian artikel dari saya mengenai kekurangan kusen UPVC. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Kekurangan Kusen UPVC

Comments

comments